Cina Luncurkan ATM Emas

Senin, 26 September 2011 09:11 WIB

Tingginya permintaan emas membuat sejumlah bank dan pedagang emas di China membuat inovasi kemudahan investasi dengan ATM emas. Di China yang merupakan negara konsumen emas terbesar kedua di dunia itu kini sudah ada ATM emas untuk pembelian yang lebih praktis.

ATM Emas ini diluncurkan di kota supersibuk China, Beijing. Para tukang belanja di Wangfujing Street yang populer itu tinggal memasukkan uang tunai atau semacam kartu ATM untuk menarik batangan ataupun kon emas dalam berat yang bervariasi lewat ATM tersebut.

Namun menurut berita yang dilansir dari AFP, Senin (26/9/2011), penarikan emas melalui ATM tersebut dibatasi maksimal 2,5 kilogram atau setara dengan 1 juta yuan (US$ 156.500). Saat ini mesin ATM emas tercatat sudah ada di Inggris, AS, Timur Tengah dan Eropa.

Mesin ATM Emas itu diluncurkan oleh Beijing Agricultural Commercial Bank dan sebuah perusahaan perdagangan emas. Mereka juga berniat menempatkan sejumlah ATM Emas di lokasi yang aman seperti pusat perbelanjaan emas atau klub-klub privat.

Emas memang kerap kali digunakan sebaai alat untuk melawan inflasi dan keberadaan mesin-mesin ATM emas itu dapat membuktikan kepopulerannya di tengah masyarakat China yang sedang mencari jalan aman guna melindungi uang mereka dari kenaikan harga-harga.

Menurut World Gold Council, permintaan emas di China tercatat melonjak hingga 27% secara year on year menjadi 579,5 ton tahun 2010. India masih tercatat sebagai negara konsumen emas terbese di dunia dengan kenaikan mencapai 66% menjadi 963,1 ton.

0 Response to "Cina Luncurkan ATM Emas"

Powered by Blogger