Direktur IMF Tegaskan Ada Kesalahan Melaporkan Tentang 200 Miliar Euro

Senin, 12 September 2011 00:15 WIB

Direktur IMF Christine Lagarde, menegaskan, bahwa adanya dokumen rancangan IMF yang menunjukan kekurangan modal 200 miliar euro atau US$ 273,2 miliar yang dialami oleh bank-bank Eropa, merupakan hal yang menyesatkan (misleading). Sampai saat ini kreditur masih menyelesaikan studinya.

"Ada kesalahan melaporkan tentang 200 miliar euro, angka itu masih tentatif," kata Lagarde dalam sebuah konferensi pers usai pembicaraan keuangan G7 dan G8 di kota Marseille Prancis seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/9/2011)

"Ini bukan tes stres, bahwa yang dilakukan IMF bukan kebutuhan kapital global, untuk lembaga perbankan Eropa dan kami masih dalam diskusi dengan mitra Eropa untuk menilai metodologi global, hingga kita mencapai draf tentatif. Ini akan dipublikasikan sebelum akhir September," jelas Lagarde.

Sebelumnya, ada laporan IMF memprediksi, bank-bank di Eropa kemungkinan akan mengalami kekurangan modal senilai total 200 miliar euro. Akibat neraca bank-bank Eropa yang mengalami masalah serius, karena imbas krisis utang negara-negara zona euro. IMF dijadwalkan baru akan mempublikasikan hasil analisanya pada pertemuan antara IMF dan Bank Dunia pada akhir September 2011 mendatang.

Masalah ini telah menimbulkan sengketa sengit dengan penguasa zona euro dengan perkiraan sirkulasi menunjukkan kerusakan serius pada neraca bank-bank Eropa dari kepemilikan mereka atas utang zona euro yang bermasalah.

0 Response to "Direktur IMF Tegaskan Ada Kesalahan Melaporkan Tentang 200 Miliar Euro"

Powered by Blogger