IMF Kucurkan US$5,4 Miliar Kepada Portugal


Selasa, 13 September 2011 07:45 WIB

Dana Moneter Internasional, Senin mengatakan, pihaknya segera melepaskan sekitar 3,98 miliar euro (5,4 miliar dolar AS) untuk Portugal, bagian dari penyelamatan tiga tahun dari negara zona euro.

Dewan eksekutif IMF pada Senin menyelesaikan kajian kinerja Portugal di bawah program ekonomi yang didukung oleh darurat pinjaman 27,27 miliar euro yang disetujui Mei, pemberi pinjaman mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pinjaman IMF ini merupakan bagian dari paket penyelamatan dengan Uni Eropa sebesar untuk 78 miliar euro selama tiga tahun, lapor AFP

Lisbon telah dipaksa untuk mengadopsi langkah-langkah penghematan sulit dalam upaya untuk menstabilkan keuangan publik, dan meredam konsumsi domestik.

Pekan lalu pemerintah mengumumkan ekonomi menyusut 0,9 persen pada kuartal kedua dibandingkan dengan periode yang sama 2010, sementara permintaan domestik turun 5,2 persen pada tahunan.

Pemerintah Portugal memperkirakan resesi 2,2 persen untuk 2011 dan

kontraksi 1,8 persen untuk 2012. Portugal memperkirakan kembali ke pertumbuhan pada 2013.

Portugal, negara zona euro ketiga setelah Yunani dan Irlandia yang menerima paket bailout IMF-Uni Eropa, tidak memperpanjang penghimpunan utang jangka panjang di pasar karena biaya pinjaman terlalu tinggi.

Menteri Keuangan Portugal Vitor Gaspar mengatakan Selasa lalu bahwa Portugal akan kembali ke pasar pada 2013 setelah negara itu melewati "keuangan darurat" ini.

Pada 12 Agustus, IMF, Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa memberikan lampu hijau untuk bantuan tahap kedua 11,5 miliar euro sebagai bagian dari rencana bailout utang Portugal, mengutip kemajuan dalam langkah-langkah penghematan negara.

0 Response to "IMF Kucurkan US$5,4 Miliar Kepada Portugal"

Powered by Blogger