Komisi XI DPR Resmi Dapat Mandat Lakukan Fit and Proper Test Deputi Gubernur BI

Kamis, 29 September 2011 14:19 WIB

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi XI resmi mendapatkan mandat untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Ada empat nama yang dikirimkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bersaing.

Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo akan bersaing dengan Direktur Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran Ronald Waas untuk menggantikan (Alm) Budi Rochadi.

Sedangkan Muliaman Hadad berkesempatan meraih kursinya lagi jika bisa mengungguli Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi.

Demikian diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi XI Achsanul Qasasi di Jakarta, Kamis (29/9/2011).

"Pimpinan telah mengirimkan surat Presiden ke Komisi XI untuk dilakukan fit dan proper test. 4 calon tersebut sudah fix," kata Achsanul.

Namun menurut Achsanul, fit and proper test belum akan dilakukan pada masa sidang kali ini. Namun masa sidang berikutnya.

"Karena masa sidang kali ini sudah hampir selesai dan agendanya banyak jadi tunggu masa sidang berikutnya," tambah Achsanul.

Lebih jauh Achsanul mengatakan Komisi XI dalam tes nanti akan mencecar para calon Deputi Gubernur BI mengenai 3 hal penting. Salah satunya adalah bagaimana membatasi 'jajahan' asing di perbankan lokal.

"Ada 3 hal penting yakni penurunan suku bunga, membatasi asing dan pandangannya tentang Otoritas Jasa Keuangan," pungkasnya.

0 Response to "Komisi XI DPR Resmi Dapat Mandat Lakukan Fit and Proper Test Deputi Gubernur BI"

Powered by Blogger