BNI Syariah Akan Rekrut Banyak Pegawai di 2012

Jumat, 18 November 2011 10:20 WIB

(Vibiznews-Banking) PT BNI Syariah akan merekrut banyak karyawan pada tahun 2012 untuk memenuhi kebutuhan seiring dengan perkembangan perusahaan.

"Setelah `spin off` pada 19 Juni 2010, kami merekrut sekitar 600 karyawan baru hingga 2011 ini. Tahun depan kami perkirakan akan dua kali lipatnya," kata Direktur Utama BNI Syariah, Rizqullah di Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan, pada tahun 2005, jumlah karyawan bank yang benar-benar memiliki keahlian bidang syariah hanya ribuan saja. Saat ini sudah mencapai puluhan ribu orang.

Menurut dia, keterbatasan SDM bidang syariah bukan hanya merupakan tanggung jawab industri perbankan syariah tetapi juga merupakan tanggung jawab pihak terkait lainnya.

"Enam hingga 10 tahun yang lalu tidak ada perguruan tinggi yang membuka program ekonomi syariah, namun saat ini sudah ada perguruan tinggi yang membuka program itu bahkan program paska sarjana," katanya.

Rizqullah mengakui hingga saat ini ada kekhawatiran sulitnya mendapatkan SDM bidang ekonomi syariah. Namun ia mengharapkan perguruan tinggi tetap mengembangkan program studi itu dan meningkatkan kualitasnya.

Ia menyebutkan, penyediaan SDM yang memahami ekonomi atau perbankan syariah merupakan salah satu masalah yang dihadapi perbankan syariah.

Dua masalah lainnya adalah masih rendahnya pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia dan pengembangan produk perbankan syariah.

Menurut Rizqullah, upaya meningkatkan "market share" perbankan syariah di Indonesia sebenarnya terus dilakukan. Namun perkembangan perbankan secara nasional juga terus tumbuh.

"Faktor pembaginya terus meningkat sehingga seakan-akan pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah rendah," katanya.

Ia menyebutkan, total aset perbankan syariah saat ini mencapai sekitar Rp126 triliun atau sekitar 3,6 persen dari total aset perbankan nasional yang mencapai sekitar Rp3.000 triliun.

BNI Syariah merupakan anak perusahaan PT BNI dengan komposisi kepemilikan saham 99,99 persen dimiliki oleh BNI dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life.

BNI Syariah memiliki 27 kantor cabang dan 31 kantor cabang pembantu serta 15 divisi pada Kantor Pusat. BNI Syariah memiliki karyawan sebanyak 749 orang per Juni 2010, dan pada November 2010 sebanyak 880 orang karyawan.

0 Response to "BNI Syariah Akan Rekrut Banyak Pegawai di 2012"

Powered by Blogger