Calon Deputi BI Riswinandi Janji Akan Memperjuangkan Asas Resiprokal

Kamis, 17 November 2011 13:52 WIB

(Vibiznews-Banking) Wakil Direktur Utama Bank Mandiri yang ditunjuk menjadi calon Deputi Gubernur Bank Indonesia Riswinandi berjanji akan memperjuangkan asas resiprokal (kesetaraan) jika dirinya terpilih. Satu-satunya calon dari kalangan eksternal BI ini bangga berkesempatan menjadi salah satu calon pejabat tinggi BI.

"Kesempatan sebagai calon merupakan suatu kesempatan yang baik. Lebih-Lebih saya ini dari industri," kata Riswinandi ketika ditemui di sela acara Diskusi Transformasi BUMN Jasa di Hotel Nikko, Jakarta, Kamis (17/11/2011).

"Tentunya semangat-semangat yang dirasakan di industri seperti bagaimana kita menghendaki resiprokal dan keberpihakan pada riil sektor lewat penurunan tingkat bunga akan jadi perhatian utama," imbuh Riswinandi.

Sebelumnya, memang asas resiprokal sering sekali dilontarkan Bank Mandiri yang selama ini masih terkendala terkait rencana pembukaan cabangnya di luar negeri. Menurut Riswinandi, resiprokal harus segera dijalankan agar bank asal Indonesia bisa diperlakukan sama seperti bank asing di Indonesia.

"Resiprokalitas menjadi hal yang perlu menjadi perhatian semua dan jangan sampai terlambat untuk segera diimplementasikan," jelasnya.

Riswinandi merupakan satu dari empat calon Deputi Gubernur BI selain Muliaman D. Hadad, Perry Warjiyo, dan Ronald Waas yang diajukan oleh Presiden SBY kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Riswinandi akan bersaing dengan Muliaman Hadad.

DPR melalui Komisi XI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia pada 5, 6, dan 7 Desember 2011.

Lihat Analisis Vibiz Research

0 Response to "Calon Deputi BI Riswinandi Janji Akan Memperjuangkan Asas Resiprokal"

Powered by Blogger