Dana Nasabah Bank Indonesia Tembus Rp 2 Triliun

Rabu, 23 November 2011 11:55 WIB

(Vibiznews-Banking& Insurance), Bank Indonesia (BI) mencatat hingga Oktober 2011 dana masyarakat dalam program TabunganKu telah tembus Rp 2 triliun. Adapun jumlah rekening nasabahnya mencapai 1,96 juta.

"Saldo TabunganKu sudah mencapai Rp 2,008 triliun di mana melibatkan hampir 2 juta rekening, yakni 1,96 juta rekening," kata Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (23/11/2011).

Menurut Muliaman, dirinya optimistis produk TabunganKu bisa menggerakkan perekonomian RI. Bank sentral meramal dalam lima tahun ke depan dana masyarakat di TabunganKu bisa mencapai lebih dari Rp 50 triliun.

"Kita inginnya Rp 50 triliun sehingga akses ke pelayanan jasa keuangan lainnya lebih terbuka," tambahnya.

Menurut Muliaman, satu tahun sejak 2010 diresmikan produk TabunganKu ternyata mendapatkan respons yang baik dari masyarakat.

"Angka ini bisa ditingkatkan, ini harus dilakukan bersama dan keterlibatan Pemda di daerah jadi penting, jadi ingin kita ingin fokus ke beberapa daerah dan lebih terasa manfaatnya," ungkapnya.

Dijelaskan Muliaman, produk TabunganKu mempunyai banyak manfaat khususnya bagi bank dan masyarakat. Apalagi, sambungnya kepada negara sendiri.

"Pertama bagi bank ini bisa menguntungkan, dan masyarakat akan menabung sehingga keuangannya menjadi bagus, karena belakangan ini konsumerisme masih dominan ketimbang menabung, dan bagi ekonomi itu kita masih memilih saving ratio rendah," katanya.

Gerakan Indonesia Menabung (GIM), yang dicanangkan oleh Presiden RI pada 20 Februari 2010 merupakan lanjutan kegiatan Ayo ke Bank yang diluncurkan awal 2008.


Tujuan GIM adalah untuk memberikan pengetahuan tentang perbankan kepada masyarakat meningkatkan Saving Rate Indonesia yang masih rendah (44,2%) melalui budaya menabung, partisipasi masyarakat dalam pendanaan pembangunan nasional, serta untuk mendukung pelaksanaan salah satu Financial Inclusion khususnya terkait dengan edukasi masyarakat.

Untuk diketahui, setoran awal pembukaan rekening TabunganKu di bank umum minimum Rp 20.000 sedangkan di BPR atau BPRS minimum Rp 10.000. Produk TabunganKu merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat guna memperoleh layanan yang semakin ringan biayanya di seluruh Indonesia.

0 Response to "Dana Nasabah Bank Indonesia Tembus Rp 2 Triliun"

Powered by Blogger