Rasio Menabung Penduduk Indonesia Terendah Se-ASEAN

Rabu, 23 November 2011 14:26 WIB

(Vibiznews-Banking& Insurance) Rasio tabungan terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) Indonesia atau Saving Rate masih yang terendah di kawasan ASEAN. Bank Indonesia (BI) terus berupaya mengajak dan mendorong masyarakat menerapkan budaya menabung untuk mengembangkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Rasio tabungan terhadap GDP kita masih rendah kita perlu dorong terus," ungkap Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (23/11/2011).

Muliaman memaparkan dengan menabung partisipasi masyarakat dalam pendanaan pembangunan nasional akan meningkat. Sehingga nantinya mendorong juga rasio kredit terhadap PDB.

"Saat ini rasio kredit terhadap PDB masih di 25%-30% berbeda dengan Malaysia yang sudah mencapai 100% lebih. Dengan menabung nantinya masyarakat bisa meningkatkan tarafnya sehingga dapat akses kredit yang otomatis membantu perekonomian," tuturnya.

Kedepan, Muliaman mengatakan BI kembali melaksanakan kampanye bersama industri perbankan nasional di 2012. Setelah meluncurkan jargon 'Ayo Ke Bank' dan Program TabunganKu, kini BI meluncurkan tema 'Sambut Hari Depan Terencana, Ayo Menabung' dengan menetapkan hari Rabu pada pekan pertama setiap bulan sebagai hari menabung.

Berikut Data Saving Rate To GDP Beberapa Negara :


* Indonesia : 36,9%

* Malaysia : 105,5%

* Singapura : 280,9%

* Jepang : 146,2%

* USA : 44.8%

* Filipina : 48.6%

* India : 55%

0 Response to "Rasio Menabung Penduduk Indonesia Terendah Se-ASEAN"

Powered by Blogger