BI Rate Tetap 6,5% Sampai Akhir 2009

(managementfile - Finance) - Bank Indonesia (BI) memperkirakan level suku bunga acuan (BI Rate) belum akan berubah dari posisi saat ini sebesar 6,5 % hingga akhir tahun 2009. Perubahan level Bi Rate masih menunggu sinyal-sinyal pemulihan global di akhir semester I-2010.

Pjs Gubernur BI, Darmin Nasution mengatakan bahwa bank sentral tidak ingin buru-buru menurunkan BI Rate lebih jauh lagi dalam dua bulan belakangan ini walapun masih ada ruang.

"Sebetulnya kita hanya tidak ingin buru-buru menurunkan BI Rate lebih jauh lagi, karena nantinya kita juga tidak ingin BI Rate yang diturunkan kemudian harus naik lagi," ujarnya di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (16/11/2009).

Ia mengatakan, hal ini nantinya diharapkan akan membuat lebih stabil lagi sisi moneter. "Walaupun nanti kursnya (nilai tukar rupiah) mungkin saja terpengaruh aliran dana tapi dari sisi bunga kita tidak ingin lebih terbuka," tuturnya.

Ditempat yang sama Deputi Gubernur BI, Hartadi A Sarwono mengatakan tingkat BI Rate yang terus stagnan merupakan kebijakan moneter yang disebut sebagai forward policy.

"Itu karena kita melihat tingkat inflasi di posisi 5 % sampai 6 % kedepan," ungkapnya.

Meskipun, lanjut Hartadi, saat ini inflasi masih dibawah 3 % namun kita melihat kedepan. "Dengan acuan BI Rate 6,5 % dan inflasi di 2010 5% sampai 6% kita masih bisa stay," jelasnya.

Tapi, menurut Hartadi jika nanti bulan Desember 2009 dan Januari 2010 terjadi shock yang akan mengadjusted kebijakan moneternya tapi kebalikannya atau lebih baik dari yang kita perkirakan maka di 2010 BI Rate akan diturunkan.

"Perkiraan kita di triwulan I-2010 tidak akan ada kenaikan (inflasi) tetapi baru ada kenaikan di triwulan II-2010 yang sejalan dengan penguatan global. Itukan membawa tekanan demand yang tinggi dari sisi suplai dan tekanan nantinya kepada harga," papr Hartadi.

Akhir triwulan II-2010, lanjut Hartadi, pertumbuhan ekonomi global akan pulih khususnya Amerika Serikat.

"Pertumbuhan ekonomi AS itu cenderung tidak secepat yang diperkirakan, maka inflasi pun tidak sebesar yang kita perkirakan sehingga mungkin bisa turun lagi (BI Rate). Tapi jika pemulihan cepat maka nanti akan berbeda, tidak bisa dijawab saat ini," kata Hartadi.

sumber: managementfile.com

0 Response to "BI Rate Tetap 6,5% Sampai Akhir 2009"

Powered by Blogger