Bank-bank BUMN Gelar Mudik Gratis Bagi Nasabah dan Keluarganya


Jumat, 26 Agustus 2011 08:33 WIB
Bank-bank plat merah menyediakan mudik gratis bagi nasabah dan keluarganya. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) masing-masing memberikan program khusus untuk memanjakan nasabahnya.

Lebaran 2011 ini, sebanyak 3.500 orang nasabah BRI bakal ketiban rezeki. Pasalnya, BRI memudikkan nasabah-nasabah bersama keluarganya tersebut secara gratis.

"Armada busnya tidak sembarangan sebab dilengkapi fasilitas armada bus full AC (air conditioner) sebanyak 68 buah," ujar Direktur Utama Bank BRI Sofyan Basir dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (26/8/2011).

Pemudik juga diberangkatkan dari Karawang, Tambun, dan Cikampek. Adapun jurusan mudik sebagian besar adalah kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Uniknya, diantara para pemudik, terdapat 45 TKI dari Malaysia. "Mereka terpilih melalui undian program Mudik TKI Bersama BRIFast Remittance. Di samping menikmati fasilitas kebutuhan selama perjalanan seperti pulsa gratis, uang saku, dan tajilan, pemudik ini juga diberikan fasilitas perlindungan asuransi kecelakaan diri oleh Bringin Life," imbuh Sofyan.

Dikatakan Sofyan, banyak nilai yang terkandung dalam tradisi mudik. Misalnya, selain menjaga silaturahim dengan kerabat di kampung halaman atau lebih jauh akan tetap ingat kepada asal-muasal.

"Hikmah mudik yang terbesar dan dikedepankan, adalah momentum kembali ke fitrah dengan melakukan permaaf-maafan dengan orang tua, kerabat dan sahabat. Karena pertemuan dengan orang tua, kerabat, dan sahabat mampu menjadi motivasi/spirit yang luar biasa. Oleh karenanya wajar saja apabila menjelang hari raya seperti ini semua jenis transportasi dipenuhi oleh para pemudik," papar Sofyan.

Sebab itu, melihat tingginya animo mudik ini, BRI berinisiatif memfasilitasi nasabah-nasabah Bank BRI khususnya nasabah Tabungan Simpedes dan Kupedes, yang berkeinginan merayakan lebaran dan bersilaturahim di kampung halaman

Bank Mandiri juga turut berpartisipasi dalam acara Mudik Bersama NU bagi sekitar 2.000 warga nahdliyin. Pelepasan rombongan mudik bersama ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur itu dilakukan oleh Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi dan Sekretaris Jenderal PBNU Marshudi Suhud di Kantor Pusat PBNU Jakarta, Kamis (25/8/2011)

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi mengatakan bahwa kegiatan mudik bersama ini merupakan upaya Bank Mandiri untuk membantu masyarakat, terutama warga nahdliyin yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

"Idul Fitri merupakan momen terbaik untuk memperkuat silaturahmi. Kami berharap kegiatan mudik bersama ini dapat membantu warga nahdliyin untuk bersilaturahmi dengan keluarganya masing-masing di kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri," kata Riswinandi.

Kegiatan mudik bersama ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank Mandiri terhadap lingkungan yang pendanaannya berasal dari Program Bina Lingkungan Bank Mandiri tahun anggaran 2011.

Selain melakukan kegiatan mudik bareng, Bank Mandiri juga telah melakukan kerjasama dengan Nahdlatul Ulama untuk memberdayakan kehidupan masyarakat di sekitar pondok pesantren di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah serta memberikan fasilitas sanitasi berupa penyediaan air bersih di Propinsi Banten dan DI Yogyakarta.

Khusus untuk BTN cukup berbeda. Bank spesialis rumah ini memberikan fasilitas mudik gratis kepada 1.100 pekerja bangunan dan pekerja sosial. Mereka adalah para pekerja yang bekerja di lingkungan kantor dan perumahan Bank BTN yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Direktur Utama Bank BTN Iqbal Latanro, bersama seluruh jajaran Direksi melepas para pekerja tersebut untuk mudik di kampung halamannya. Pelepasan 1.100 pekerja tersebut secara simbolis dilakukan di Balai Samudra, Kelapa Gading pada Kamis (25/8/20110).

"Program ini merupakan apresiasi dan ungkapan terima kasih Bank BTN kepada mereka yang selama ini secara tidak langsung telah turut memberikan kontribusi pada bisnis Bank BTN, baik itu kredit konstruksi maupun KPR yang selama ini menjadi bisnis utama Bank BTN," kata Iqbal.

Program mudik 2011 merupakan yang keempat kalinya dilakukan oleh Bank BTN. BTN ingin memberikan share kepada para pekerja bangunan dan pekerja sosial terkait dengan bisnis Bank BTN dengan memulangkan mereka ke tempat asalnya.

"Setidaknya dengan ini harapan kami dapat mengurangi beban mereka untuk mencari angkutan mudik. Seperti diketahui pembiayaan di bidang perumahan terkait dengan 114 sektor industri padat karya," tuturnya.

Para pekerja bangunan dan pekerja sosial yang ikut program mudik bersama ini berasal dari lingkungan dekat kantor Bank BTN dan proyek-proyek perumahan yang dibiayai kreditnya oleh Bank BTN dan berlokasi di wilayah Jabodetabek. Mudik bersama tahun ini berbeda dengan mudik tahun 2010.

Perbedaan dapat dilihat dari jumlah pemudik yang bertambah menjadi 1.100 dibanding tahun lalu yang berjumlah 1.000. Disamping itu pada mudik tahun ini ada tambahan rute baru yaitu Jakarta Purwokerto dan Jakarta-Bandar Lampung, menambah rute tahun sebelumnya Jakarta-Semarang, Jakarta-Solo dan Jakarta-Yogyakarta. Kepada mereka tidak dipungut biaya apapun.

Mereka tinggal menunjukkan buku Tabungan BTN eBatara Pos atau Tabungan BTN Batara sebagai bukti bahwa mereka termasuk nasabah Bank BTN.

"Selama perjalanan kebutuhan makan dan minum untuk mereka sudah disiapkan, termasuk bingkisan untuk lebaran di daerahnya. Respon masyarakat sangat besar sekali terhadap program mudik ini. Bank BTN berharap program ini ke depan dapat dilakukan kembali dengan jumlah yang lebih banyak lagi dengan pelaksanaan yang lebih baik lagi," tambah Iqbal Latanro menjelaskan.

Tidak kalah dengan ketiga bank BUMN diatas, BNI juga menggelar program mudik BNI bagi nasabah yang ke-6 kalinya sejak pertama kali dilakukan di tahun 2005.

Tahun 2011 sendir BNI menggunakan 2 moda bus dan kereta api. Dimana, diperuntukan bagi nasabah BNI Taplus dengan syarat-syarat khusus seperti telah menjadi nasabah BNI minimal 1 tahun (untuk bus) dan minimal 2 tahun (untuk Kereta Api) dan memiliki saldo rata-rata selama bulan Juli 2011 sebesar Rp. 5 juta (untuk Bus) dan Rp. 10 Juta (untuk KA).

Jumlah armada bus yang akan digunakan sebanyak 110 bus dengan target penumpang sebanyak 5.500 nasabah dan keluarganya. Adapun BNI mengantarkan pemudik ke 9 kota tujuan yakni Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Lampung dan Palembang.

Untuk Kereta Api BNI menggunakan 10 gerbong dengan target 500 nasabah dan keluarganya dengan kota tujuan Yogyakarta, Solo dan Surabaya.

Seluruh nasabah yang memenuhi syarat sudah ada dalam sistem aplikasi pendaftaran, dan dapat dicek namanya yang dapat dilakukan secara online diseluruh cabang jabodetabek. Pendaftaran dilakukan dari
tanggal 8 sampai 17 Agustus 2011 diseluruh cabang BNI.

0 Response to "Bank-bank BUMN Gelar Mudik Gratis Bagi Nasabah dan Keluarganya"

Powered by Blogger