Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris Perpanjang Swap Mata Uang


Jumat, 26 Agustus 2011 09:25 WIB
Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral Inggris (BOE) pada Kamis telah memperpanjang pengaturan swap mata uang selama satu tahun dalam apa yang para ekonom sebut tindakan pencegahan ketegangan di pasar pinjaman antar bank.

Sebuah perjanjian untuk pertukaran hingga 10 miliar pound (113 miliar euro, 16,3 miliar dolar AS), sekarang akan berlaku sampai 28 September 2012, pernyataan ECB mengatakan.

Pengaturan yang awalnya diumumkan pada pertengahan Desember itu telah berakhir pada akhir September.

Hal ini memungkinkan ECB untuk meminjamkan pound kepada bank-bank zona euro yang mungkin menemukan kesulitan untuk meminjam langsung dari bank komersial di Inggris, dan ini hanya salah satu contoh pengaturan yang ada antara banyak bank sentral utama global.

Ekonom Oxford Economics Scott Livermore mengatakan ia tidak pernah mendengar masalah spesifik yang dihadapi oleh bank-bank zona euro yang membutuhkan akses ke pound, dan menyarankan bahwa "itu mungkin lebih ke pencegahan daripada mengobati krisis."

Ekonom senior Berenberg Bank Christian Schulz mengatakan: "Masih cukup banyak tekanan dalam sektor perbankan sehingga diindikasikan bahwa pengaturan ini tetap diperlukan."

"Ini menunjukkan bahwa bank sentral terus memahami peran penting mereka untuk pasar dana antar bank dan keamanannya," tambah dia.

Schulz mencatat bahwa 10 miliar pound tidak banyak di antara bank-bank sentral dan menambahkan bahwa sejauh ia tahu, itu belum digunakan untuk saat ini.

0 Response to "Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris Perpanjang Swap Mata Uang"

Powered by Blogger