Danamon Syariah Meluncurkan Kredit Beragunan Emas

Kamis, 04 Agustus 2011 07:00 WIB
(Vibiznews-Banking), Unit Usaha Syariah Danamon Syariah meluncurkan produk pembiayaan atau kredit yang beragunan emas sesuai dengan ketentuan syariah. Produk ini diberi nama 'Solusi Emas'.

Kepala Bisnis Syariah Gadai Danamon Syariah, M. Budi Oetomo menyampaikan banyak masyarakat Indonesia yang memiliki emas. Hal tersebut berpotensi untuk dijadikan solusi dalam rangka keperluan pembiayaan di rumah tangga.

"Berdasarkan survey, sebanyak 36,2 juta Kepala Keluarga memiliki emas. Dari jumlah tersebut, baru sekitar kurang lebih 27 juta KK yang berhubungan pembiayaan dengan emas sebagai agunan," terangnya dalam acara peluncuran Produk Solusi Emas Danamon Syariah di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Rabu (3/8/2011).

Sisanya masih belum banyak yang memanfaarkan pembiayaan melalui agunan emas. Kebanyakan orang melakukan pembiayaan dengan menjaminkan emasnya ke Pegadaian, dan ada yang ke rentenir informal atau toko emas lapakan.

"Sementara, persentasi di Bank Syariahnya masih kecil sekali. Ini memiliki peluang. Bahkan masih ada 17 juta KK yang belum terjamah manfaatkan ini," ungkap Budi.

Maka itu, melalui produk Solusi Emas Danamon Syariah, ditawarkan pembiayaan bagi masyarakat melalui agunan emas. Ditargetkan dengan segmen kelas menengah ke bawah.

"Target market kita adalah pedagang, karyawan, ibu rumah tangga, termasuk pula mahasiswa dan usia pensiun," lanjut Budi.

Pembiayaan melalui agunan emas tersebut tentunya dapat dilakukan untuk kredit modal kerja, biaya pendidikan, biaya pengobatan, dan sebagainya. Dijanjikan, komitmen dari produk tersebut untuk pencairan cepat dengan waktu 15 menit.

"Kita akan melakukan pencairan yang cepat untuk nasabah mendapatkan pembiayaan, kemudian kenyamanan, fleksibilitas, aman, ringan, dan pelayanan prima," janjinya.

Adapun, pembiayaan yang dibutuhkan adalah melalui emas minimum 14 karat. Tanpa ada penutupan, dihitung harian. "Anytime mereka bisa kapan saja mau melunasinya," tuturnya.

Sejauh ini, produk Solusi Emas tersedia di 11 cabang Danamon Syariah. Rencananya Agustus ini akan ditambah sebanyak 120 cabang sampai akhir 2011.

"Di 2012 kita akan melakukan roll-out menjadi 169 cabang sehingga totalnya mencapai 300 cabang. Ini akan. Tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, NTB, dan Sulawesi," papar Budi.

"Secara finansial, pembiayaan kita, sekarang masih pilot project, tidak besar hanya Rp 5 miliar di 2010. Kita targetkan di 2011 mencapai Rp 56 miliar, di 2012 mencapai Rp 744 miliar, dan di 2013 mencapai Rp 1,7 triliun," jelasnya menambahkan.


sumber : www.vibiznews.com

0 Response to "Danamon Syariah Meluncurkan Kredit Beragunan Emas"

Powered by Blogger