BI Rencana Adakan Pertemuan Khusus Bahas NPG

Minggu, 30 Oktober 2011 22:45 WIB

(Vibiznews-Banking) Bank Indonesia (BI) berencana mengadakan pertemuan khusus dengan sejumlah perusahaan penyedia jasa jaringan Automated Teller Machine (ATM) untuk merumuskan konsep National Payment Gateway (NPG). Pertemuan tersebut bertujuan untuk membentuk satu jaringan ATM khusus berskema nasional.

Deputi Gubernur BI Ardhayadi Mitroatmodjo mengatakan dalam pertemuan tersebut, bank sentral akan mengundang sejumlah perusahaan switching ATM seperti PT Rintis Sejahtera, PT Artajasa Pembayaran Elektronis dan PT Daya Network Lestari.

"Kami akan berdiskusi bersama pada Senin 31 Oktober 2011 yang membahas mengenai pembentukan satu switching nasional guna meningkatkan efisiensi pembayaran dari perbankan," ujar Ardhayadi di Jakarta, Minggu (30/10/2011)

Ia menjelaskan, dalam pembahasan NPG tersebut bank sentral belum menentukan model sistem switching nasional beserta kepemilikan perusahaan tersebut. Namun, bank sentral akan mendorong terciptanya interkoneksi antar bank secara luas dalam pertemuan tersebut.

"Satu sistem switching nasional itu sebenarnya mudah karena teknologinya sudah ada saat ini. Jadi switching nasional tersebut nantinya akan menghubungkan dengan semua perusahaan switching sehingga satu bank bisa terkoneksi dengan seluruh bank," kata Ardhayadi.

Ardhayadi menambahkan saat ini bank sentral masih memproses izin pembentukan perusahaan switching nasional yang dimotori oleh Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara). "Saat ini kami sedang pelajari terutama dari sisi legalnya," ujarnya.

NPG merupakan sistem penghubung antar seluruh jaringan pembayaran di Indonesia. NPG juga akan menjadi gerbang pembayaran dengan lembaga keuangan di luar negeri. Saat ini bank sentral masih merumuskan model NPG yang akan rencananya akan mulai diimplementasikan secara nasional pada 2013 mendatang.


Lihat Analisis Vibiz Research

0 Response to "BI Rencana Adakan Pertemuan Khusus Bahas NPG"

Powered by Blogger