Pendidikan Keuangan dan Perbankan Akan Ada Dalam Kurikulum SD dan SMP


Jumat, 21 Oktober 2011 08:00 WIB

Pendidikan keuangan dan perbankan akan diajarkan sejak dini dengan memasukkannya dalam kurikulum sekolah dasar. Nantinya, anak-anak SD dan SMP akan diajarkan mengenai jenis-jenis surat berharga dan alat pembayaran.

Bank Indonesia (BI) bersama dengan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mengimplementasikan integrasi pendidikan keuangan dan perbankan ke dalam kurikulum pendidikan formal pada pada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai tahun ajaran 2011/2012.

Edukasi keuangan ini merupakan upaya mengenalkan sejak dini mengenai keuangan khususnya untuk menumbuhkembangkan budaya menabung yangmerupakan program berkelanjutan.

"Implementasi dilakukan melalui beberapa tahap yang dimulai dari penerapan di 6 daerah yaitu Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin dan Makassar dengan menunjuk dua belas sekolah dimasing masing daerah sebagai pilot project," ungkap Juru Bicara BI Difi Johansyah di Jakarta, Jumat (2110/2011).

Menurut Difi, pendidikan keuangan akan diintegrasikan kedalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tidak hanya dalam bentuk intrakurikuler namun juga dalam bentuk ekstrakurikuler dengan pembahasan topik-topik.

"Antara lain diperkenalkan jenis surat berharga dan jenis alat pembayaran," tutur Difi.

Lebih jauh Difi memaparkan proses integrasi pendidikan keuangan ini selain melibatkan Bank Indonesia dan Kementerian Pendidikan Nasional juga melibatkan kalangan akademisi yaitu dariUniversitas Pendidikan Indonesia (UPI-Bandung) dan Dinas Pendidikan di setiap kota.

Adapun topik-topik kedalam mata pelajara IPS bagi siswa SD dan SMP antara lain :

Arti Uang



Uang dan manfaatnya

Buku uang jajan

Pengenalan jenis mata uang

Mengidentifikasi keaslian mata uang

Jenis surat berharga

Jenis alat pembayaran.


Fungsi Perbankan


Peran perbankan

Jenis lembaga perbankan dan jenisnya

Jenis manfaat produk perbankan

Sistem perbankan elektronik

Jenis keuntungan perbankan

Keamanan perbankan.

0 Response to "Pendidikan Keuangan dan Perbankan Akan Ada Dalam Kurikulum SD dan SMP"

Powered by Blogger