Ronald Waas Terinspirasi Steve Jobs Siap Jadi Deputi Gubernur BI

Selasa, 18 Oktober 2011 06:02 WIB

Direktur Direktorat Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Ronald Waas menyatakan siap maju menjadi Deputi Gubernur BI. Ronald terinspirasi oleh pendiri Apple Inc dalam menjalankan karirnya.

"Visi misi kaya Steve Jobs, itu 'apple on every desk'. Sangat simpel tapi bagaimana itu juga perlu upaya, artinya Apple harus masuk ke semua meja di dunia. Itu kan untuk perusahaan mereka itu perlu banyak inovasi, produk, dan teknologi. Orang pintar itu bisa membuat yang rumit jadi sederhana," tutur Ronald di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (17/10/2011).

Selain itu, Ronald mengatakan jika terpilih menjadi Deputi Gubernur BI dia akan fokus mengembangkan sistem pembayaran di Indonesia. Menurutnya, jumlah masyarakat Indonesia yang sangat besar membuat keberadaan sistem pembayaran yang baik melalui National Payment Gateway sangat penting.

"Banyak sekali yang harus dikerjakan di payment sistem, tujuannya untuk kemudahan seluruh masyarakat," kata Ronald.

Ronald bakal memperebutkan posisi Deputi Gubernur BI Budi Rochadi yang meninggal dunia.

Kini, sambung Ronald yang sedang digarap BI bersama industri diharapkan bisa membantu menciptakan produk-produk yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, bank sentral telah membentuk Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada November 2010 sebagai Self Regulatory Organization (SRO) untuk mengatur secara mandiri aktivitas bisnisnya.

"Potensi nasional untuk sistem pembayaran itu masih sangat besar. Saya data itu kan yang naik KRL, transjakarta itu banyak. Potensi untuk produk dan pengguna masih banyak," kata Ronald.

Ronald mengakui bahwa dirinya pasrah jika DPR nanti tidak memilihnya atau 'nothing to lose'.

Ronald merupakan Pria kelahiran Tanjung Pinang, 29 November 1955 merupakan lulusan sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (1974-1980). Ia melanjutkan Masters of International Affairs School of International Affairs, Program in Economic Policy Management, Columbia University, New York, AS (1994-1995).

Sebelum bekerja di BI, Ronald pernah menjadi junior structural engineer (1980-1981), dan mulai bekerja di BI pada 1981. Awal masuk BI, ia menjadi staf di Direktorat Logistik dan Pengamanan. Selanjutnya pada 1988-1991 menjadi Kepala Seksi Administrasi Teknik yang berkontribusi terhadap pembangunan kompleks perkantoran BI dan rumah dinas BI.

Pada 1991-1994 Ronald menjadi Wakil Kepala Bagian Perencanaan Logistik dan semasa 1999-2007 bekerja di Direktorat Teknologi Informasi mulai dari sistem analis, hingga Kepala Biro Penelitian dan Pengembangan TI.

Periode 2004-2007, Ronald diangkat menjadi Direktur Direktorat Teknologi Informasi. Jabatannya sekarang Direktur Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran mulai 2009, setelah sebelumnya menempati posisi Unit Khusus Manajemen Informasi.


Lihat Analisis Vibiz Research

0 Response to "Ronald Waas Terinspirasi Steve Jobs Siap Jadi Deputi Gubernur BI"

Powered by Blogger