Rekapitalisasi Perbankan Prancis Perlukan Dana Sebesar 10 Miliar Euro

Rabu, 26 Oktober 2011 08:30 WIB

(Vibiznews-Banking) Perdana Menteri Prancis Francois Fillon, Selasa mengatakan, bahwa bank-bank Prancis harus menaikkan modal mereka dengan sekitar 10 miliar euro (14 miliar dolar AS) untuk menangani krisis utang tetapi tidak akan membutuhkan uang publik.

"Rekapitalisasi bank akan dilakukan secara teratur, untuk semua bank-bank Eropa yang membutuhkannya," kata Fillon anggota parlemen di Majelis Nasional Prancis, lapor AFP.

"Berbicara Prancis, itu (rekapitalisasi) akan membutuhkan 10 miliar euro, dengan kata lain di bawah keuntungan mereka, yang berarti bahwa (bank Prancis) dapat melakukan rekapitalisasi tanpa perlu meminta bantuan publik."

Dia mengatakan, kesepakatan tentang rekapitalisasi telah dicapai pada pertemuan puncak para pemimpin Eropa pada Minggu.

Pernyataan itu disampaikan menyusul kesulitan Eropa pada Selasa untuk sebuah solusi krisis utangnya, karena pembicaraan intensif untuk melindungi bank-bank Italia dan tekanan bank-bank untuk mengambil kerugian pada utang Yunani pada pertemuan puncak yang menentukan.

Fillon mengecam beberapa "komentator dan politisi" yang katanya sedang mencoba "untuk terus-menerus meletakkan negara kita dengan mengabaikan ... peran pemerintah dalam memerangi krisis ini.

"Jika kita mencapai kesepakatan (selama pertemuan puncak/KTT Uni Eropa) Rabu, presiden akan dapat memulai siklus yang sangat penting untuk pertumbuhan global di pertemuan puncak G20, pusat koordinasi kebijakan ekonomi dari kekuatan-kekuatan besar," kata dia.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy menjadi tuan rumah para pemimpin dari blok ekonomi terkemuka G20 di Cannes pada 3 dan 4 November.

Lihat Analisis Vibiz Research

0 Response to "Rekapitalisasi Perbankan Prancis Perlukan Dana Sebesar 10 Miliar Euro"

Powered by Blogger