BPK: Menyelesaikan Audit Forensik Bank Century

Kamis, 22 Desember 2011 10:07 WIB
(Vibiznews-Banking) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akhirnya menyelesaikan audit forensik soal suntikan dana (bailout) negara ke Bank Century Rp 6,7 triliun pada 2008 lalu. BPK akan menyerahkan laporan hasil pemeriksaan tersebut kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Jumat (23/12/2011).

"Sesuai surat konfirmasi DPR, penyerahan laporan hasil pemeriksaan Bank Century ke DPR akan diberikan pada Jumat 23 Desember 2011," ungkap Wakil Ketua BPK Hasan Bisri di Jakarta, Kamis (22/12/2011).

Hasan menjelaskan, lambatnya penyelesaian audit forensik ini karena aliran dana dan jumlah transaksi yang mencapai ratusan ribu. Menurut Hasan, salah satu faktor yang mempersulit audit tersebut adalah banyaknya aliran dana yang perlu diteliti satu-persatu untuk menentukan apakah aliran dana tersebut bermasalah atau tidak.

Sebelumnya, ia juga menyatakan hasil audit tersebut akan diberikan kepada DPR RI terlebih dahulu selaku pihak peminta. Jika terindikasi tindak pidana, maka pihaknya akan melapor ke pihak berwajib.

"Kami akan sampaikan ke DPR. Tentunya nanti kalau sudah selesai. Terserah DPR mau seperti apa, kalau ada indikasi tindak pidana sesuai atuarnm kita sampaikan ke aparat hukum, itu sudah jadi standar kita," pungkasnya.

0 Response to "BPK: Menyelesaikan Audit Forensik Bank Century"

Powered by Blogger