BTN Kerjasama Dengan BCA Dalam Pembiayaan KPR

Rabu, 07 Desember 2011 15:34 WIB
(Vibiznews-Banking) PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dalam rangka pembiayaan perumahan dan properti. BCA memberi pinjaman Rp 2 triliun, guna disalurkan kembali kepada kredit perumahan.

Perjanjian dilakukan oleh Dirut BCA, Jahja Setiaatmadja dengan Dirut BTN, Iqbal Latanro. Hasil pinjaman dari BCA, digunakan BTN untuk penambahan portofolio kredit perumahan.

Selanjutnya BTN akan mengagunkan tagihan KPR kepada kreditur sampai dengan jatuh tempo pinjaman. Selama pinjaman berlangsung, BTN akan mengelola administrasi KPR secara proses penagihan dan pembayaran angsuran.

"BCA memang tergolong lebih likuiditas, hingga kerja sama ini akan mendukung usaha BTN untuk memberi pembiayaan kredit perumahan," kata Jahja di Hotel International MidPlaza, Jakarta, Rabu (7/12/2011).

Iqbal menambahkan, pinjaman beragun aset telah masul dalam rencana bisnis sejak 2008. Kerja sama ini merupakan upaya untuk memperolah sumber pembiayaan jangka panjang bagi KPR.

"Dengan pinjaman dua tahun, dengan kondisi saat ini sangat sulit. Hingga mengurangi maturity missmatch pembiayaan," ucap Iqbal.

Atas pinjaman tersebut, BTN diperkirakan mampu memberi pembiayaan properti kepada 70 ribu debitur baru. "Kerja sama ini dapat mendukung program pembiayaan perumahan nasional," tegasnya.

Repo kredit serupa telah dilakukan BTN dengan Sarana Multigriya Finansial di Juni 2011 senilai Rp 500 miliar dalam jangka waktu tiga tahun. Satu lagi, kerja sama dengan Bank Mutiara dengan nilai transaksi Rp 150 miliar selama dua tahun.

0 Response to "BTN Kerjasama Dengan BCA Dalam Pembiayaan KPR"

Powered by Blogger